Tips Menjadi (Maha) Siswa Sukses Mandiri

17 Jan 2009

Apakah kita (maha) siswa yang kluyar-kluyur kurang kerjaan? Sudah mulai mual ndengerin ceramah di kelas? Mulai bete dengan suasana rumah atau kos-kosan? Apalagi teman dekat sudah mulai sibuk dengan gebetannya atau pindah kos karena nggak tahan kita utangin terus hehehe. Pingin teriak sekeras-kerasnya tapi takut ditimpukin tetangga?

Atau kita punya mimpi pingin ikut membangun republik tercinta, tapi membangun diri sendiri saja susah bo :) Apa salah jurusan yah? Padahal udulu dah baca-baca tulisan tips dan trik memilih jurusan. Bingung karena nggak dapat apa-apa di sekolah atau universitas. Jadi makin terseok-seok dan tanpa ruh kalau baca tulisan tentang sekolah. Hmmm coba deh ikuti tulisan ini, siapa tahu ada tips yang cocok dan bisa bikin semangat bangkit.

1. Bangun tidur, berdiri di depan kaca, ucapkan bahwa kitalah yang terbaik serumah ini atau di kos-kosan ini (Ya soalnya lagi sendirian sekarang :D) Kalau kita merasa itu kurang, ucapkan bahwa kitalah yang terbaik di kelas anda atau terganteng di sekolah atau kampus. Yakinilah bahwa kita adalah manusia pilihan, paling tidak terpilih sebagai wakil desa kita yang bisa sekolah atau kuliah. Atau kalau pingin lebih pede lagi, bilang bahwa kitalah makhluk terbaik di muka bumi, ya memang benar, paling tidak dibandingkan dengan hewan dan tumbuhan P

2. Mandi yang bersih, sisir dan rapikan rambut. Ambil handphone, bikin senyuman paling manis, lalu pretttt…foto wajah kita. Ulangi lagi kalau masih kurang enak dilihat. Kalau sampai 10 kali jepretan masih juga kurang enak di lihat, ambil secara acak saja. Mungkin wajah kita memang tidak terlalu enak dilihat )

3. Nyalakan komputer, akses internet, nggak usah ke mana-mana, langsung saja buka http://blogdetik.com http://wordpress.com. Buat account blog di sana.

4. Renungi hidup ini, ingat-ingat lagi perjalanan hidup dari kecil sampai sekarang dan apa yang telah kita lakukan. Masuk ke menu administrasi blog kita, klik Write->Page. Buat tulisan dengan judul About Me, kita tulis resume, kisah hidup dan Curriculum Vitae (CV) kita. Tuliskan apa saja seluruh kegiatan kita di sana. Dari lahir, SD, SMP, SMA dan kuliah. Pernah jadi ketua OSIS, sekretaris, bendahara atau pesuruh OSIS? Atau pernah ikutan nyembelih kambing kurban, pernah jadi penjaga masjid, pernah bikin workshop komputer, pernah menang lomba balap karung, cerdas cermat atau lomba gambar di kampung. Tulis semuanya. Kita kerahkan seluruh ingatan kita, anggap saja nostalgia. Sekali lagi, kita tulis semua, apapun yang kita lalui di Page berjudul About Me tadi. Sudah puas? Klik Publish. Kalau ada yang kurang tambahi lagi, kalau merasa halaman itu nggak cukup dan harus tulis dalam OO Writer atau MS Word, copy and paste saja draft tadi. Jangan lupa convert ke PDF dan upload di halaman About Me. Kita pantau dan perbaiki terus CV kita setiap ada kegiatan yang kita lakukan, sekecil apapun. Beri juga skrinsyuut kalau diperlukan. Oh ya, foto manis kita tadi jangan lupa dipasang di halaman About Me)

5. Sekarang ayok kita berdiri, lalu jalan ke meja belajar. Ingat2 kehidupan di sekolah atau kampus anda, senangnya ketika diterima di universitas ini, semangatnya waktu baru masuk pertama atau ikutan ospek (atau apa ya namanya sekarang?), guru-guru atau dosen-dosen yang baik dan menyenangkan, nilai yang naik turun (yang pasti lebih banyak turunnya ;)), dan mungkin juga teman-teman cewek yang kita taksir. Kenang semua.

6. Pelajaran apa yang kita senangi? Kita cari buku catatan kita, kalau perlu obrak abrik meja belajar untuk nyari buku textbook itu. Ketemu? Sekarang tulis kembali yang kenangan kita tentang pelajaran yang kita senangi itu. Jangan tulis yang lain, konsentrasi saja ke satu hal itu. Cukup 3-5 paragraf saja, jangan kepanjangan. Kalau belum puas, buat lagi topik lain, batasi juga 4-6 paragraf. Nulisnya di Write->Post lho ya, jangan lupa.

7. Kurang bahan? Dulu kayaknya pernah pinjem buku bagus di perpustakaan? Ok, kebetulan dah masuk waktu dhuhur dan makan siang. Jangan lupa sholat dhuhur dulu dan makan siang. Selesai. Ok, kita langsung aja ngacir ke perpus. Cari buku kenangan tadi. Tulis lagi dan kalau udah merasa OK, langsung ke warnet, buka blog dan langsung ke Write Post.

8. Ops nggak terasa udah maghrib ya. Ya udah kita sholat di mushola deket warnet, makan malam di warteg dan pulang. Sampai rumah, iseng-iseng bongkar-bongkar. Kita ingat-ingat deh dulu kayaknya sering dikasih kerjaan Tugas Mandiri dari sekolah. Ok kita kumpulin lagi yuk. Walah bisa jadi satu kategori baru tuh di blog.

9. Sebelum tidur, jangan lupa kita berdo’a dan baca bismillah, dan ucapkan syukur hari ini kita sudah melakukan kegiatan yang sangat baik dan produktif, kegiatan yang bisa membanggakan orang tua, teman, tetangga, dan guru/ dosen kita. Dan Insya Allah bisa menjadi bekal kontribusi kita ke republik tercinta ini.

10. Bangun pagi… pagi-pagii, nggak usah kebanyakan tidur, kita kan bukan bayi lagi. Sholat shubuh dan lanjutkan petualangan hidup kita.

11. Sebelum masuk kelas, baca-baca buku dulu deh, hari ini pak pelajaran apa ya. Pak guru mau ngajari apa, siapa tahu bisa jadi bahan tulisan. Kalau ada waktu pagi bikin resume atau rangkumannya. Insya Allah kalau begini kita akan masuk ke kelas dengan suasana yang berbeda. Horeeee!

12. Lanjutkan perdjoeangan. Mudah-mudahan semester ini nilai akan jadi bagus semua.

13. Kalau kebiasaan 1-12 kita terus secara kontinyu, Insya Allah kita nggak kluyuran lagi kayak kemarin2. Cari pekerjaan juga akan mudah karena tulisan-tulisan kita di blog sudah di-indeks oleh banyak mesin mencari. Bahkan mungkin kalau orang googling dengan keyword topik-topik yang kita tulis, yang muncul nomor satu adalah blog kita.

14. Akhirnya, alhamdulillah kita telah sukses melewati kehidupan sebagai (maha) siswa dengan baik. Bukan karena siapa-siapa, tapi karena perdjoeangan kita sendiri, karena tangan kita sendiri, dan tentu saja pertolongan dari yang DIATAS. Tapi jangan lupa, perdjoeangan belum berakhir, tetap lanjutkan perdjoeangan untuk hari2 mendatang.


TAGS sekolah mahasiswa universitas belajar tekun siswa cara belajar yang baik tips untuk sukses


-

Author

Follow Me